EdukasiApa Itu Social Media Marketing?Gambar

Apa Itu Social Media Marketing?

Secara Umum , Social Media Marketing adalah Teknik Pemasaran yang dilakukan dengan cara memanfaatkan Meta Social seperti Facebook , Instagram dan lainnya. Kegiatan Pemasaran tersebut bisa meliputi Promosi Produk atau Layan Jasa yang kamu tawarkan. Dalam Pemasaran Social Media Marketing ini Membuat para pebisnis dapat lebih terhubung dengan para calon customer juga audiens dalam meningkatkan promosi maupun Brand Awareness.

Tentu saja menggunakan teknik Social Media Marketing banyak tujuan yang bisa kamu tuju , Selain brand awareness Social Media Marketing juga bisa kamu optimalkan dalam Sales Conversion , dimana kamu bisa memanfaatkan layanan digital ads yang sudah di sediakan di masing masing platform social media tersebut , tentu saja ini akan membuat insight atau jangkauan pasar kamu semakin luas dan juga cocok untuk memaksimalkan leads yang masuk.

Saat ini platform Social Media Marketing yang banyak digunakan antara lain adalah Instagram , Facebook , Tiktok , Youtube , Twitter dan LinkedIn. Tentu saja dalam mengimplementasikan Teknik di dalam meta social media marketing ini banyak sekali strategi dalam membuat konten yeng menarik untuk menjangkau audiens..

Hal Utama Dari Social Media Marketing

Trend Menggunakan Teknik Social Media Marketing sudah banyak sekali digunakan oleh UMKM Sampai dengan Korporasi , Dengan begitu kamu juga harus mengetahui beberapa hal berikut :

1. Strategy Social Media Marketing

Tentu saja ada beberapa strategy yang dapat kamu implementasikan dalam teknik social media marketing , Sebelum memposting konten marketing kamu di social media , kamu dapat memikirkan terlebih dahulu strategi yang tepat. Kamu harus tau terlebih dahulu tujuan dari konten yang kamu buat tersebut dan bagaimana caranya teknik social media marketing yang kamu gunakan dapat mencapai tujuan tersebut. dan jangan lupa menaksir atau menghitung sejauh mana pencapaian yang mampu di raih melalui teknik social media marketing yang kamu gunakan.

Pastikan Juga kamu memilih platform social media marketing yang saat ini sangat di rekomendasikan , seperti Instagram , Tiktok , dan Youtube. Pasalnya , Platform Social Media Marketing Tersebut sedang sangat banyak di gunakan oleh orang - orang di indonesia bahkan dunia , dengan membaca dan memanfaatkan traffic terserbut , dengan pemilihan strategi dan tujuan yang tepat ,produk atau jasa kamu dapat menembus pasar dunia.

Tentukan Jenis Konten yang ingin kamu bagikan di social media , pemilihan jenis konten sangat mempengaruhi First Impression dari sebagian Audiens yang ada , Di lansir dari beberapa studi kasus pemilihan jenis konten yang seragam dan teroganisir membuat para audiens lebih betah dibandingkan dengan konten yang campur aduk. Anda juga bisa memilih , atau membuat jenis konten dalam tema Edukasi , Komedi , Atau tutorial , bahkan anda juga dapat menggabungkannya dalam beberapa ide tersebut , dengan begitu konten kamu akan lebih menarik untuk di baca atau di tonton.

2. Perencanaan dan Publikasi Konten Social Media Marketing

Tentu saja kamu sudah tidak asing dengan kata Perencanaan dalam Teknik Social Media Marketing, Hampir setiap tahap yang kamu lakukan dalam membangun bisnis tentunya ada perencanaan , bahkan dalam pembuatan konten sekalipun. Selanjutnya kamu juga harus memperhatikan Tujuan dan strategi awal yang ingin kamu capai, Jika kamu memutuskan dengan tujuan untuk memperkenalkan brand (Awareness) , Maka Strategi yang kamu gunakan dalam memproduksi konten tersebut harus meliputi aspek KPI Tersebut.

Tentu saja mengupload konten sangatlah mudah, Tetapi mengemas dan menyusun konten agar tampak menarik itu bukanlah hal yang mudah lhoo.. Rencanakan konten dalam tujuan kamu yaitu "Memperkenalkan" , Maka kamu harus tau karakter dan pembawaan dari sebuah branding yang kamu bawa dari brand tersebut.Kemudian Kamu juga harus memastikan dan menaksir audiens serta target kamu , dan jangan lupakan kamu analisis kembali terkait frekuensi dan prime time publishing pasar kamu.

3. Engagement

Di dalam Teknik Social Media Marketing tentu kamu harus mengetahui "ngagement" , Simpul nya Social media Engagement merupakan istilah yang digunakan untuk mengukur seberapa aktif pengguna media sosial dalam berinteraksi dengan konten yang di-posting oleh merek atau akun media sosial tertentu. Engagement dapat diukur melalui berbagai metrik seperti Likes, Shares, Comments, dan Followers.

Dan jangan lupa menggunakan beberapa tools dalam mengagregasikan seluruh mention , tag , dan respon lainnya dari para audiens. Ada banyak tools yang dapat kamu gunakan , karena monitoring secara manual tentu akan melelahkan dan tidak maksimal.

4. Analytics dan Reporting

Teknik Social Media Marketing juga perlu di perhatikan perkembangannya , kamu bisa memantau performa dari srategi marketing/Campaign yang kamu jalankan untuk menilai kesuksesannya.Atau kamu bisa mengelompokan tema konten seperti apa yang sangat disukai oleh audiens kamu , hal itu bisa di lihat melalui analisa data yang relevan dengan aktivitas media social.

Di beberapa platform Social Media Marketing sudah menyediakan insight bagi penggunanya sebagai laporan riwayat performa. insight yang di berikan di beberapa platform Social Media memang tidak terlalu rinci , namun kamu dapat memanfaatkan beberapa tools agar mendapatkan insight yang lebih terperinci untuk perkembangan akun, dari laporan tersebut kamu dapat menyimpulkan untuk membuat perencanaan selanjutnya terkait aktivitas atau produktivitas konten untuk perkembangan akun Social Media Kamu.

5. Advertising

Teknik Social Media Marketing tentu tidak akan terlepas dari Advertising(Ads) , di beberpa platform Social Media kini sudah menyediakan layanan Ads yang dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan juga menjangkau audiens yang lebih luas. Jika kamu menggunakan platform social media Instagram , Tiktok , Youtube fitur ini disebut juga dengan fitur promosi yang pastinya tidak gratis.

Kamu di haruskan membayar beberapa tarif tertentu dalam jangka waktu tertentu yang dapat kamu atur strateginya sendiri, namun tarif yang di minta masih dalam batas wajar. Pengguna fitur ini diuntungkan , karena bisnisnya/Campaign yang di jalankan akan muncul pada Social Media pengguna lain dalam bentuk iklan promosi. Tentunya kamu juga bisa mengatur target audiens yang lebih spesifik berdasarkan minat , demografi dan lainnya.

Manfaat dan Benefit Teknik Social Media Marketing

"Teknik Social Media Marketing Hecolab"

Tentunya Social Media tidak hanya berfungsi sebagai tempat bertukar kabar tetapi juga dapat di gunakan sebagai media promosi dan pengembangan bisnis. Berikut beberapa manfaat dan benefit yang bisa kamu dapatkan dalam menerapkan Teknik Social Media Marketing Dalam Bisnis :

1. Brand Awareness

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, Teknik Social Media Marketing dapat meningkatkan audiens dan juga popularitas brand. Setiap Brand tentu memiliki Identitas atau karakter dari brand tersebut. Penerapan strategi yang tepat tentu akan membuat popularitas dari brand tersebut meningkat , Perkenalan brand dapat menjadi lebih optimal jika kualitas konten yang di produksi juga tidak kalah menarik.

Tentunya setiap Konten yang di bagikan di social media akan di lihat oleh target pasar kamu sehingga mendorong mereka untuk menjadi potential customer kamu , semakin banyak yang mengenal dan melihat konten bisnis kamu , maka semakin bagus dampaknya bagi perkembangan bisnis untuk meningkatkan Brand Awareness.

Baca Juga Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

2. Sales Conversion

Teknik Social Media Marketing juga dapat kamu manfaatkan sebagai sarana untuk mencapai tujuan meningkatkan penjualan , jika brand awareness yang di dapat brand kamu sudah meningkat atau pengenalan brand kamu sudah tersebar luas maka penjualan tentu juga akan meningkat. Atau kamu juga dapat mengimplementasikan strategi campaign dalam bentuk konsep hard selling menggunakan layanan Ad yang sudah di sediakn oleh platform social media tersebut.

dengan strategi dan eksekusi yang tepat maka teknik social media marketing dapat kamu pakai sebagai sarana tujuan untuk pengembangan sales conversion.

Hecolab Indonesia adalah Digital Marketing Agency di jakarta yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun berkarya di dunia digital untuk membantu bisnis kamu memaksimalkan kesempatannya untuk merambah di dunia digital melalui social media dan digital advertising.Tidak hanya itu, sebagai jasa Sosial Media Marketing, Hecolab memiliki tim berpengalaman yang siap memantau campaign konten Anda di setiap platform sosial media setiap hari. Dapatkan strategi pemasaran yang dipersonalisasi untuk bisnis Anda, termasuk pengelolaan konten, iklan sosial media, dan analisis yang tepat waktu. Jadilah pemimpin di industri Anda dan tingkatkan keterlibatan pelanggan dengan jasa sosial media marketing kami yang terpercaya.

Konsultasi Gratis